WELCOME TO THE WORLD FASHION

Sabtu, 19 Maret 2011

Kemeja Hawaii

Kemeja atau bahasa kerennya long shirt adalah pakaian atas yang mempunyai kerah dan biasanya berlengan panjang tetapi ada juga yang berlengan pendek. Kemeja dari bahasa Portugis, camisa adalah sebuah baju atau pakaian atas terutama untuk pria. Nama lain adalah kamisa yang masih dekat dengan bentuk aslinya yaitu blus yang berasal dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda.
















Kemeja Hawaii atau Kemeja Aloha adalah kemeja berkerah longgar dari kain bermotif alam tropis dengan warna-warni yang cerah. Kain untuk bahan kemeja dapat berupa kain sutra, katun, rayon, atau poliester. Motif kain umumnya berupa nanas, bunga dan tumbuhan tropis, wanita penari hula-hula, atau bermotif Asia Timur seperti ikan mas koki dan harimau.
Kata aloha shirt adalah merek dagang terdaftar, sehingga kemeja ini juga dapat disebut kemeja hawaii. Sejak pertengahan tahun 1930-an, kemeja hawai mulai dikenal di resor-resor yang ada di Hawaii. Kemeja seperti ini mulanya dibeli untuk dikenakan sewaktu menginap di Hawaii atau dibawa pulang sebagai cindera mata.

Asal usul kemeja hawaii yaitu mula-mulanya kemeja hawaii dibuat oleh imigran Jepang di Hawaii. Kain
untuk kemeja berasal dari kain bekas kimono. Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke 20, imigran Jepang yang bekerja di lahan pertanian di Hawaii senang memakai baju berleher longgar yang disebut parka seperti pakaian pelaut Eropa. Imigran Jepang di Hawaii senang memakai parka karena kainnya mirip dengan sejenis kimono yang disebut kasuri dari kain katun. Mereka juga membuat parka sendiri dari kain kimono bekas. Penduduk setempat tertarik dengan motif-motif kain kimono yang dibuat parka. Mereka meminta untuk dibuatkan kemeja dari kain kimono bekas, sehingga terciptalah kemeja yang sekarang disebut dengan kemeja hawaii. Kemeja hawaii berarti "kemeja kerah longgar dari kain bermotif Asia". 
Contoh kemeja hawaii.








   

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 FASHION | Design : Noyod.Com